Dahsyat cara memperbaiki Laptop Lemot yang Penting Anda ketahui - Ilmu Habib

Tags

cara-memperbaiki Laptop-lemot

Banyak dari pengguna Windows diluar sana yang mencari informasi tentang cara memperbaiki Laptop Lemot.

Tidak heran memang, karena secanggih-canggihnya perangkat yang satu ini ia pasti mengalami masalah atau kerusakan.

Umumnya, ada banyak bentuk kerusakan yang terjadi pada Laptop baik itu terkait pada system operasi windows tersebut ataupun kerusakan yang disebabkan Hardware.


Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Keyboard Laptop Error


Inilah sebabnya bagi pengguna Komputer atau Laptop mesti mengetahui cara memperbaiki Laptop lemot.


Sehingga bila terjadi kerusakan dikemudian hari Anda bisa coba menyelesaikannya sendiri tanpa harus buru-buru membawanya ke tempat servis.


Dalam bahasa yang sederhana yang penulis sampaikan disini, bahwa kerusakan Laptop itu dalam hal ini lemot itu bisa disebabkan oleh beberapa hal.


Bisa karena kapasitas memori or RAM yang terlalu kecil sedangkan Anda menggunakan Laptop Anda dengan menjalankan banyak aplikasi yang berat.


Ini bisa menjadi sebab Laptop Anda menjadi Lemot atau crash. Untuk itu sebaiknya Anda mengupgrade kapasitas RAM Anda.


Misalnya RAM yang 2 GB Anda upgrade menjadi 4 GB ataupun RAM 4 GB Anda upgrade menjadi 8 GB. Ini jelas cukup membantu Anda dalam menjalankan beberapa program di Laptop Anda.



Kemudian penyebab lainnya Laptop menjadi Lemot karena ada banyak Virus yang bersarang di komputer Anda yang dapat merusak system operasi windows.


Maka gunakanlah antivirus yang memang sudah teruji dapat menghapus banyak virus nakal yang menyebabkan komputer Anda lemot.


Hapus aplikasi yang tidak perlu. Ini sangat penting Karena aplikasi yang berukuran besar yang Anda install dalam Laptop Anda terbukti dapat mengganggu kinerja sehingga menjadi lemot.


Tidak menjalankan banyak program dalam satu waktu. Misalnya Anda menjalankan aplikasi photoshop, Anda juga menjalankan aplikasi, game, dan banyak aplikasi yang berjalan dalam windows Anda.


Kapasitas hardisk ataupun kondisi hardisk yang sudah tidak mampuni untuk Anda gunakan, hal ini bisa pula menjadi penyebab permasalahan Laptop seperti ini.


Baca Juga: Cara Mudah dalam Memperbaiki Laptop Acer


Dari beberapa hal yang penulis sebutkan di atas yang dapat menjadi penyebab Laptop Anda lemot, penulis ingin membahasnya lebih dalam lagi satu persatu dalam pembahasan menarik berikut ini:


Laptop Lemot disebabkan RAM yang terlalu kecil

cara memperbaiki laptop lemot

RAM atau yang biasa dikenal dengan sebutan Random Access memori merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dalam komputer.


Fungsi RAM yang bisa membantu kerja processor dalam mengelola data membuat memori ini sangat diperhitungkan penggunaannya.


Semakin besar RAM yang Anda gunakan maka semakin baik kinerjanya. Anda bisa merasakan langsung perbedaanya saat mencoba menambah kapasitas RAM Anda.


Dimana kecepatan Laptop Anda akan cukup mengalami peningkatan. Dipasaran Anda bisa menemukan beberapa jenis RAM.


Memori ini ada yang berjenis RAM DDR 2, DDR 3, DDR 4, dan yang paling baru ada jenis RAM DDR 5.


Namun, yang harus Anda pahami bahwa tidak semua jenis RAM itu cocok dengan motherboard Laptop Anda.


Tidak semua Laptop bisa mendukung memori yang besar, karena ada beberapa system operasi yang membatasi ukuran memori.


Selain itu Jumlah slot memori RAM yang terdapat pada computer juga berbeda-beda sehingga membatasi Anda untuk menambah kapasitas memori ini.


Melihat begitu pentingnya fungsi memori ini sekarang Anda mungkin cukup bisa untuk memahami bahwa �menambah kapasitas memori Laptop Anda bisa membuat Laptp Anda menjadi tidak lemot".


Meskipun RAM bukanlah satu-satunya komponen yang bisa membuat kinerja Laptp Anda menjadi lebih baik. 


Cara memperbaiki Laptop lemot dengan Antivirus terbaik


Seperti diketahui bahwa virus dalam computer bisa menjadi sebab akan permasalahan yang satu ini Laptop crash.


Banyak sekali kerusakan yang bisa diakibatkan oleh virus ini. Selain dapat merusak file-file penting dalam kompter Anda, virus juga bisa merusak system operasi windows Anda.


Virus berjenis Malware merupakan salah satu virus yang mendunia dan cukup banyak menyerang pengguna system operasi windows.


Untuk membasmi virus inipun harus benar-benar dengan menggunakan antivirus yang berkualitas.


Bahkan penulis percaya bahwa antivirus yang Premium lebih mampu mengatasi virus yang satu ini.


Antivirus yang premium atau yang berbayar dan sudah teruji mampu membasmi virus malware.


Anda bisa mencoba mendownload Antivirus yang Anda percaya di internet, dan Anda lihat mana yang benar-benar bisa menghancurkan virus ini.


Penulis juga pernah merasakan langsung dahsyatnya pengaruh virus seperti ini jika terdapat dalam computer kita.


Semakin lama, maka akan membuat kinerja laptop Anda akan semakin buruk. Sehingga lakukan scan Antivirus secepat mungkin.


Cara memperbaiki Laptop Lemot dengan Menghapus Aplikasi yang tidak perlu

cara mudah memperbaiki laptop lemot

Aplikasi yang Anda install dalam Komputer Anda secara otomatis akan membutuhkan ruang penyimpanan dalam hardisk.


Dalam hal ini partisi C yang menjadi tempat untuk menyimpan data file dari aplikasi yang Anda install.


Ketahuilah semakin banyak aplikasi yang Anda install maka akan sangat mempengaruhi kinerja computer Anda sehingga bisa membuat Lemot atau bahkan heng.


Perlu juga Anda memperhatikan spesifikasi computer Anda, agar aplikasi yang Anda install benar-benar bisa bekerja pada computer Anda.


Menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi Laptop Anda bisa menyebabkan Laptop Anda menjadi hang.


Ini sering sekali terjadi pada computer meraka yang Hoby bermain game dengan memaksakan menginstall aplikasi game pc misalnya yang tidak sesuai dengan spesifikasi computer yang dimiliki.


Terkecuali Anda memiliki Laptop dengan spesifikasi dengan processor yang tinggi mislanya i7 ini cukup mampu untuk menampung game-game berat dalam computer Anda.


Untuk menguninstal aplikasi dalam komputer pertama Anda klik ikon windows kemudian pilih control panel.


Anda bisa lihat dalam gambar berikut:


Kemudian setelah muncul tampilan "Adjust your computer's settings" pilih programs (klik uninstall a program) seperti yang terlihat pada gambar berikut:


Kemudian Setelah itu akan muncul tampilan "Uninstall or change a program" seperti gambar berikut ini:

Kemudian setelah itu pilih aplikasi yang ingin Anda uninstall lalu klik kanan.

Untuk itu penulis sarankan agar Anda menginstall aplikasi seperlunya saja dan mulai menguninstall aplikasi yang Anda anggap sudah tidak penting atau jarang Anda gunakan.

Cara memperbaiki Laptop Lemot dengan menggunakan Thermal paste pada prosesor



Thermal paste sudah teruji sebagai bahan yang dapat mendinginkan prosesor Anda dan menjaga suhu prosesor agar tetap stabil.


Ini sangat penting melihat begitu besar dari fungsi prosesor ini sehingga mudah panas, apalagi bila Anda menggunakannya dalam waktu yang lama.


Anda bisa menggunakan thermal paste dengan melepaskan casing laptop Anda jika Anda rasa Anda memang mampu.


Anda bisa juga menggunakan jasa teknisi elektronik untuk membantu Anda memasangkan bahan ini pada prosesor Anda.


Penulis meyakini ini sangat bermanfaat sekali dan biaya jasa jika hanya untuk menambahkan Thermal paste pada prosesor computer Anda tidaklah begitu mahal.


Cara memperbaiki Laptop Lemot dengan Install ulang system operasi


Dengan menginstal ulang Laptop Anda maka semua Cache atau file sampah dalam laptop Anda akan hilang.


Selain itu dengan menginstal ulang Komputer Anda juga secara otomatis bisa menghilangkan virus yang ada dalam Laptop Anda.


Kabar baiknya setelah Instal ulang windows Anda, computer Anda akan kembali normal lagi seperti sediakala dan pastinya tidak Lemot lagi.


Ada kata pepatah bijak seperti ini "Tak ada gading yang tak retak" begitupun juga dalam menyajikan Informasi ini dihadapan Anda semua, pasti akan ada kekurangan.


Untuk itu bila Anda tahu cara memperbaiki Laptop lemot yang lebih mudah, Anda bisa untuk berbagai kepada penulis dan teman-teman semua melalui kolom komentar di bawah. Penulis ucapkan terimakasih. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon